Jobseeker!

9/20/2013 03:28:00 PM

Helllooo, Jekardaahhh yang terik cerah :)))
siang ini tepat di hari Jumat gue mau cerita tentang pengalaman gue menyusun masa depan *tsaaahhh
Jadi, gue ini Fresh graduate yang baru akan diwisuda 10 Oktober 2013 nanti, tapi yaahhh gue mau cepet-cepet ngerasain gimana dunia kerja.

Oke, jadi setelah sidang skripsi gue pikir gue lepas dari kampus, eh ternyata masih ada revisi dan PEMBERKASAN! gua rasa kalo di sks in, pemberkasan itu jadi satu matakuliah yg jumlahnya 20sks!
Lo bayangin, lo ke kampus tiap hari dan nongkrongin akademik tiap ari buat memburu tanda tangan. Kadang sehari itu kalo mujur, lo dapet tandatangan beberapa dosen, tapi yaahhh sabar-sabar aja kalo nyatanya lo cuma pulang tangan hampa (bagusan juga AFI Indosiar nasibnya, yang pulang masih bisa bawa koper *halaahh*)
Dan selesai itu semua, barulah gue dapet selembar SURAT KETERANGAN LULUS (SKL).
Itu semacem kartu pass gue buat ngelamar kesina-sini (yang pasti gabisa ngelamar pasangan sih *pfffthhh).

SKL udah ditangan, transkip nilai juga. terus gue mulai bongkar berkas-berkas sertifikat gue yang emang udah disusun sama nyokap di satu tas guedeee khusus surat-surat penting gituh. katanya sih kalo ada apa-apa, yang diselametin duluan yaa itu tasss (terus gueee anaknya sendiri ga diselametin gituh, Maaak?? :'(( huhuuu.......) Oke, balik ke judul! gue udah punya SKL buat modal ngelamar kerja.

Dengan modal modem dan notebook, gue pun nyari lowongan kerja. Dan sebagai jobseeker, lo ngga afdhol kalo lo belom punya account jobstreet! hahhaa dan gue pun bikin account di jobstreet dan jobsDB. Emang berguna banget tuh account. Rata-rata gue dapet panggilan interview dari apply ke web itu. *ini blog gue ga dibayar jobstreet/jobsDBkok, bukan promosi juga hahhaa* Tapi yaaa karna gue menjunjung tinggi paperless dan dompetless alias ngiriitt drpd ngepos hehheee yajadi gue ngepply aja di dua link itu. 

Seminggu ngepply puluhan CV di beberapa perusahaan, gue akhirnya dapet panggilan pertama di PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors. Waktu itu gue di sms in dan sempet percaya ga percaya yaa tapi sms nya make bahasa inggris dan gue disuruh konfirmasi kalo bisa dateng interview 23 Agustus 2013 jam 07.30 di Pulomas (Kalo lo lewat bypass deket UNJ, lo bakal liat gedung bertingkat yang berlabel PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors atau biasa disingkat PT KTB. 

Gue seneng dan excited banget karena ini perusahaan pertama yang manggil gue buat interview.
Semenit abis bales konfirmasi smsnya, gue langsung ngambil modem, nyalain notebook dan searching tentang PT KTB ini. Dan akhirnya gue nemu blog orang yang nyeritain pengalamannya interview di KTB. Yang gue baca diblog itu adalah, interview di KTB itu make bahasa inggris! yaakk! bahasa enggress gue itu grammer sob, gue pasif kalo disuruh conversation. Salah gue, dari SD ngambil lesnya yang grammer. Jadi lah gue agak jiper waktu itu, tapii yaaa ini pengalaman pertama, yaa jalanin aja! Gue pun langsung searching lokasinya dimana, lagi-lagi make google maps! hahhaa. Ternyata lokasinya deket halte busway. Tapi waktu itu gue beruntung dianterin bokap gue. Bukan manja atau gimana, bokap gue pengen tau juga lokasinya dimana, secara dia tau kalo Krama Yudha itu dulu punya tim bola yang lumayan terkenal (kata bokap).

Tepat jam 07.15 gue udah sampe tepat depan gedung megah itu. Gue pun nanya satpam dan disuruh ke loby gedung Training yang ada disebelah gedung PT Krama Yudha nya. Iya, jadi itu gedung kayanya khusus untuk training gitu dan termasuk buat interview karyawan-karyawan baru. Pas nyampe baru ada 2 orang, 1 cewe dan 1 cowo. Mereka berdua sibuk sama kertas-kertas gitu, kayanya bacaan dia buat psikotest entar. Dan gue? gue nyantai aja megang hp. Abis gua rasa ini bukan UAS deh ya atau tes Toefl gituh hehhee.
Akhirnya gue pun bersok-asik aja sama cewe satu sebelah gue yang sibuk nulis biodatanya gitu sih kayanya buat persiapan interview entar kayanyah. Pas gue tanya dia baru lulus juga atau udh kerja, ternyata dia lulus tahun 2008 dan sealmamater sama gueh, anak Uenjeh jugaaakk :D Ga lama abis itu, dateng lagi 1 orang, namanya Nur Halimah (Kalo ga salah ya :D) Selama screening test, gue bareng dia, duduk sebangku dan ternyata dia udh kerja, cuma lagi nyari kerjaan baru aja sebelum kontraknya abis. Dan pas ngobrol-ngobrol ternyata makin banyak aja yang dateng dan ternyata hari itu, 34 orang yang dateng test.

Waktu itu acaranya agak ngaret, jam 09.00 an kalo ga salah baru mulai. Mba Meilisa sama Mba Hanum yang mandu test kali ini. Buat KTB sendiri, ada 5 tahapan test; 
1.  Test buta warna dan Screening Test, 
2.  Interview HR (make bahasa Inggris)
3.  Psikotest (di First Asia Consultant di Slipi lokasinya)
4.  Interview User (Bahasa Inggris juga kayanya) 
5.  Medical Chek up
Kalo udah lolos itu semua, Signing contract deehhh!!!!!!!!!!!! o_O 
Dan gue waktu itu test buta warna sama screening test lolos. Hmm screening test itu semacem tes ngelengkapin gambar yang kosong gitu kaya psikotest gitu sih. Nah itu udah make tahap gugur tuh. Jadi waktu itu dari 34 orang, pas di screening test, diumumin 20 menit setelah test ternyata cuma 16 orang yang diambil, dan gue waktu itu nomor 006 dan ada nomer gue disitu :')))) Dan 16 orang itu harus nyiapin diri buat interview HR setelah pengumuman. gue kebagian interview sama cowok, heemm lumayan sih orangnya baik dan ga jutek hahhaa. Waktu awal interview yang ditanyain pertama yaa bahasa inggris lo gimana, ya gue jawab apa adanya kalo gue ini pasif, lebih ke grammer. dan yaudah katanya, "Kita coba aja ya bercakap-cakap in English" dan gue yang gamau mempermalukan keluarga besar Mukhlis hahha, gue pun langsung meng-Oke-kan :D Pertanyaan interview persis sama kaya pertanyaan interview frmal biasanya; kenapa milih perusahaan itu, apa kelebihan lo dan kekurangan, dll.

Nah dari tahap interview HR itu, nantinya dipilih lagi beberapa orang yang lolos buat ikut psikotest di hari selanjutnya. Gue pun langsung pulang setelah interview HR, dan disitu gue kenalan lagi sama Ka Dini, yang lagi-lagi ternyata anak FIS UNJ 2008 hahhaa dunia sempiit Bossss !!!
Selama jalan pulang kita cerita tentang interview td yang acakkadut bahasanya hahhaa.
Jadi test hari pertama ini durasinya kurang lebih 4 jam-an. Jam 12 gue udah sampe rumah dengan selamat sentausa dan cerita ke nyokap tentang test hari itu:'))

Nah sore harinya menjelang maghrib gitu deh kalo ga salah, gue dapet sms lg dr KTB :D yakk! gue lolos buat ikut Psikotest di Slipiiiii tanggal 26 Agustus 2013 jam 08.00!
Yak antara seneng dan bingung karena gue jarang banget ke wilayah barat Jakarta. Sekalinya kesana, yaaa ke rumah Mintuo (bahasa padangnya mertua :p) kebetulan rumah cowok gue di wilayah barat dan kebetulannya kagi, sehari sebelum psikotest gue disuruh ke rumahnya buat acara ulangtahun si Amireee, keponakannya :') Yak! otomatis pas pulang, gue todong cowok gue buat lewatin Slipi dulu biar besoknya gue tau mesti naik apa dan turun dimana. Dan ternyata lokasinya deket shelter busway Slipi Kemanggisan,Jalan dikit, kita bakal nyampe ke Wisma 76 dan kantor First sia Consultant, ada di lantai 18 nya.

Masuk ruangan psikotest, tepat jam 08.00 gue ambil posisi duduk yang didepan karena kebetulan ksong, dan gue aneh aja kenapa banyak yang milih posisi bekalang, ini kan bukan UAS ._.
Gue pun clingak clinguk daaan bener aja! ketemu Ka Dini yang pulang bareng sama gue waktu itu. Ahhh kita Jodoohh, Mpook *preeett hahhaa. Psikotestnya pun buanyaakkk brooohh. Dari jam 08.00-12.00 terus istirahat sejam dan mulai lagi dari jam 13.00-15.30 pftthhhhh itu nguantukk bangeettt aseli! hahhaaa... Dan lagi-lagi selama psikotest, gue berdua-duaan aja kaya duo keong racung sama si Mpok Dini. Udah kaya berasa akrab benerrr hahhaa.

Test psikotest ini bakal dikabarin sekitar 3 hari atau seminggu lah paling lama dan dari PT KTB sendiri, katanya, kalo lo diemailin, maka lo berrarti harus bawa koper karena ter-e-li-mi-na-si pyaawww!! dan kalo lo ditelepon, berarti lo lolos buat test interview user. 

Engingengggg....selama nunggu kepastian dari lamar-melamar ini, gue ditelepon dan kontek-kontekan terus sama Mpok Dini. Dan pas tanggal 30 Agustus 2013 abis maghrib, gue ditelepn lagi sama si Mpok satu ini, dia katanya dapet "email mesra" hahhaa dan itu berarti dia ga lolos. Dan gimana gue??? Gue pun langsung buka email ternyata gue juga dapet email mesra itu. Hahhaa dan begitu deh akhirnya perjalanan test di perusahaan bonapit distributor resmi Mitsubishi ituh :') Dan abis itu gue nelfon Ka Dini lagi dan nanya dia gimana selanjutnya, katanya "gue mau benerin puing-puing keretakan hati dulu nih, De abis ditolak eaaaaaaa" -___________- 

Gue pun ngabarin nyokap dan nyokap nyantai bener jawabnya, "Gapapalah, berarti bukan itu jodohnya." hahhhaha yowesss gue nyari jodoh gue lagi deh dihari-hari selanjutnyaaa ;')


Dan ternyata, gue lumayan banyak panggilan setelahnya tapi sampe saat gue nulis blog ini, gue baru ngikutin 3 kali interview; di PT KTB, Vayatour and Travel, daaann kemaren yang baru aja gue ikutin, KompasTv :)

Dari tiap-tiap interview itu, gue nemu temen baru, si Nur Halimah dan Ka Dini di PT KTB, si Iis di Vayatour and Travel, daaannnn si Aniss di KompasTv :D
Buat perusahaan yang lainnya, gue akan posting nanti, sekarang gue mau piknik sore dulu sama patjaarr hehheee :)))

Byeeee~


"You'll never know, if you never try !"



8 comments:

  1. wahhh,, mba aku juga di panggil di KTB besok,,
    tes screening itu kaya gmana mba ?

    ReplyDelete
  2. Waahhh halooo Cindy, udah lama ga ngeblog, baru liat commentnya :) gmn KTB nya? sukses kah?

    ReplyDelete
  3. Kak, aku baru screening tes dan interview hrd, itu berarti sorenya langsung dikabarin ya kalo lolos psikotes? Kalo udah seminggu gak dikabarin berarti gak lolos psikotes dong ya ? hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo kamu yg nanya ditwitter waktu itu kan yah? Gmn kejelasan dr KTB nya? Udah ada?

      Delete
  4. Halo sis pernah psikotes dikompas tv ya??? Btw mau nanya dulu dftr di jobfair atau dimane hehehe... Trus sampe tahap apa sis. Bagi infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo iya pernah di kompas tv sampai tahap user hhehe

      Delete
  5. Hai kak, mau tanya untuk soal soal psikotes di first asian tentang apa aja ya ? Trus susah ga kak? Hari senin saya ada tes disana . Agak grogi gituu 😊😊😊

    ReplyDelete

Powered by Blogger.